SOAL TES CPNS MULAI DIPERJUALBELIKAN

Memanfaatkan moment penerimaan CPNS 2010, sejumlah PKL mulai menjajakan buku berisi soal-soal tes CPNS. Pedagang mematok harga per buku mulai Rp 15 ribu/buku sampai Rp 30 ribu.

Budi, seorang PKL yang menjajakan buku soal tes CPNS, ditemui di kantor Dinsosnaker Sidoarjo, menyampaikan untuk sementara peminat yang membeli masih sedikit. Menurutnya mungkin karena penerimaan CPNS tahun ini informasinya masih belum jelas.

"kalau tahun lalu, setelah ada pengumuman resmi, yang beli buku biasanya cukup banyak,’’kata Budi yang mengaku sebagai warga Surabaya itu, kemarin.

Budi memilih menjual buku tes CPNS ini di kantor Dinsosnaker Sidoarjo, karena disini banyak masyarakat yang mencari kerja sedang mengurus kartu kuning. Kartu kuning ini setahunya dipakai sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar CPNS.

"Saya baru jualan awal-awal bulan ini,’’ kata Budi.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah ( BKD) Sidoarjo, Drs Ali Sarbini, masyarakat silakan saja bila ingin membeli soal-soal tes CPNS tersebut. Sebab tidak ada ketentuan yang melarang.

Sementara itu disampaikan Kepala BKD Sidoarjo, Sri Witarsih SH, penerimaan CPNS tahun 2010 diperkirakan akan dilaksanakan bulan November mendatang. Pelaksanaan di Sidoarjo menurutnya akan serentak sama dengan daerah lain.

"Persiapannya sudah kita rapatkan,’’jelasnya, ditemui usai mengadakan rapat dengan Sekdakab, Vino Rudi Muntiawan.

Warga Sidoarjo dihimbau agar hati-hati terhadap penipuan yang berkedok penerimaan CPNS. Sebab tiap tahunnya, selalu membawa korban. Kerugian yang diderita warga yang menjadi korbannya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

"Kami menghimbau agar warga hati-hati, sebab sudah banyak korbannya,’’katanya.

Pihak BKD Sidoarjo belum bisa menyebut berapa quota CPNS tahun 2010 ini. Dikarenakan rapat-rapat yang dilakukan masih belum final. Tetapi pada tahun 2009, quota yang disetujui oleh Menpan adalah 491 CPNS.

Informasi lain pada tahun ini di Sidoarjo tidak ada formasi untuk lulusan dari SMA maupun SMK. Paling rendah formasi akan diisi oleh Diploma 3 ( D3). Tidak hanya di Sidoarjo ternyata formasi itu juga sama dengan sejumlah daerah di jawa Timur.

Beberapa waktu lalu kegiatan try out untuk menghadapi tes CPNS 2010 digelar oleh sebuah sponsor. Untuk mengikuti kegiatan ini peserta harus membayar biaya Rp 50 ribu. Selanjutnya peserta tes akan diberikan soal tes pengetahuan umum, tes skolastik, tes skala kematangan, kunci jawaban dan pembahasan dan informasi persyarakat lowongan CPNS online.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar